Operasi Mantap Praja Cartenz II-2024, Subsatgas Binmas Intensifkan Himbauan Kamtibmas



Jayapura – Personel Subsatgas Binmas dari Satgas Preemtif Operasi Mantap Praja Cartenz II-2024 Wilayah Papua Tengah terus mengintensifkan upaya peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan Pilkada 2024. 


Pada Sabtu (12/10), personel Subsatgas Binmas menyambangi Kelurahan Karang Mulia, Kabupaten Nabire, dan memberikan arahan langsung kepada salah satu petugas keamanan di Kantor Asabri, Isak Galileo N., mengenai pentingnya kesiapsiagaan di tengah suasana kampanye yang sedang berlangsung.


Brigpol Rajab, S.H, yang memimpin kegiatan ini, menekankan pentingnya peran serta masyarakat dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Sitkamtibmas) selama tahapan Pilkada. 


"Kami memberikan petunjuk dan arahan kepada Satwil serta mengoptimalkan peran Bhabinkamtibmas dan Pamswakarsa, termasuk Satpam dan Satkamling, agar masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam menjaga keamanan yang kondusif di setiap tahapan Pilkada 2024," ujar Brigpol Rajab.


Ia menambahkan, selain memberikan arahan kepada petugas keamanan, Subsatgas Binmas juga terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat luas melalui berbagai saluran. 


"Kami menyebarkan pamflet, brosur, serta memasang baliho, spanduk, dan banner untuk memberikan pemahaman yang lebih luas tentang ketentuan dan aturan Pilkada. Kami juga menggelar ceramah dan dialog interaktif melalui media massa elektronik untuk menjangkau masyarakat yang lebih luas," jelasnya.


Brigpol Rajab menegaskan bahwa tugas Subsatgas Binmas dalam Operasi Mantap Praja Cartenz II-2024 adalah memastikan masyarakat memahami pentingnya menjaga keamanan di lingkungan masing-masing, terutama selama masa kampanye calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua Tengah. 


"Ini adalah bagian dari kegiatan Preemtif Binmas, di mana kami memberikan imbauan kamtibmas kepada masyarakat untuk memastikan Pilkada berjalan damai dan aman," katanya.


Upaya ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dan menciptakan situasi yang aman dan tertib selama proses Pilkada berlangsung. Dengan keterlibatan aktif seluruh elemen masyarakat, diharapkan Pilkada di Papua Tengah dapat berjalan lancar tanpa adanya gangguan keamanan yang berarti.


Personel Subsatgas Binmas mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan melaporkan segala bentuk potensi gangguan keamanan kepada pihak berwajib. Mereka juga menekankan pentingnya menjaga sikap netral dan tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu yang dapat memicu konflik.



Jayapura, 12 Oktober 2024


Dikeluarkan oleh: Subbid Penmas Bid Humas Polda Papua, Alamat Jln. Dr. Sam Ratulangi No. 8 Jayapura, Papua Telp: 0967-52021. Kontak Person: Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, S.H., S.I.K., M.Kom. HP 08123000348.