Kodim 0904/Paser Gelar Komsos Cegah Tangkal Radikalisme/Separatisme


 


Kodim 0904/Paser Korem 091/ASN Kodam VI/Mlw, Kecamatan Tanah Grogot. Kodim 0904/Paser gelar Komunikasi Sosial (Komsos) cegah tangkal radikalisme dan separatisme. Kegitan tersebut mengusung tema "Membendung Radikalisme Dan Separatisme Melalui Penguatan Karateristik Generasi Muda Bangsa" yang bertempat di Aula Panglima Sentik Makodim 0904/Paser. Rabu (11/9/2024)


Kegiatan ini dipimpin oleh Pjs Kasdim 0904/Paser Kapten Inf Sartono dan dihadiri oleh anggota Kesbangpol Paser Bapak Amirudin, Kapolsek Paser Balengkong AKP Ramli serta perwakilan dari Kwarcab Pramuka Paser.


Dalam kesempatannya Kasdim menyampaikan, pelaksanaan kegiatan komunikasi sosial cegah tangkal radikalisme dan separatisme, pada dasarnya bertujuan untuk mewujudkan kesadaran tentang arti pentingnya pemahaman terhadap bahaya radikalisme/separatisme bagi segenap komponen bangsa. Untuk membentuk komponen bangsa yang berkepribadian dan berjiwa Bhineka Tunggal Ika guna cinta Tanah Air Indonesia.


Beberapa langkah dan strategi dapat dilakukan untuk menghadapi radikalisme dan separatisme. Seperti mulai dari upaya pemahaman nilai-nilai wawasan kebangsaan, serta nilai-nilai non kekerasan melalui pendidikan baik formal maupun non formal.


Sementara itu, kepada seluruh peserta Komunikasi Sosial cegah tangkal radikalisme dan separatisme, Kasdim berpesan agar senantiasa memanfaatkan forum komunikasi sosial sebagai sarana silaturahmi, berdialog, serta menyimak materi yang disampaikan dalam rangka mencegah, menangkal, membatasi ruang gerak radikalisme dan separitisme di negeri ini. 


Setelah acara pembukaan, Komsos dilanjutkan dengan pembahasan beberapa materi. Pertama Materi Wawasan kebangsaan oleh Danramil 0904-01/Tanah Grogot Lettu Inf Qomarrul Huda.


Kedua Materi Wawasan Keagamaan perwakilan Kesbangpol Paser Bapak Amirudin. Materi ketiga tentang Bahaya Radikalisme dan Separatisme yang disampaikan oleh Kapolsek AKP Ramli.


Turut Hadir dalam kegiatan ini antara lain, anggota FKPPI Paser, PPM Paser, pembina OSIS tingkat SMA Sederajat serta Ketua OSIS tingkat SMA sederajat se Kabupaten Paser. 


Dim 0904/Psr