Kapolda Papua Hadiri Deklarasi Pengawasan Pilkada Untuk Papua Damai Tahun 2024



Jayapura – Kepala Kepolisian Daerah Papua, Brigjen Pol. Patrige R. Renwarin, S.H., M.Si., menghadiri kegiatan Deklarasi Pengawasan Pilkada untuk Papua Damai Tahun 2024 bertempat di Lapangan Karang PTC, Entrop, Kota Jayapura, Selasa (24/09/2024).


Hadir dalam kegiatan tersebut Pj. Gubernur Papua, Mayjen TNI (Purn.) Ramses Limbong, S.IP., M.Si, Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Rudi Puruwito, S.E., M.M, Kejati Papua, Hendrizal Husin, SH., M.H, Ketua Pengadilan Tinggi Jayapura, Amin Sutikno, S.H., M.H, dan Ketua Bawaslu Provinsi Papua, Hardin Halidin.


Dalam kesempatannya, Ketua Bawaslu Provinsi Papua mengatakan Pilkada bukan hanya seremonial melainkan komitmen untuk Demokrasi di tanah Papua.


“Kelelahan Politik beberapa waktu lalu belum reda namun kita sudah dihadapi dengan tahapan Pilkada yang akan datang yang mana membutuhkan energi yang kuat dan perlunya dukungan dari seluruh elemen masyarakat,” ucap Hardin.


Sementara itu, Pj. Gubernur Papua mengatakan Pesta demokrasi ini sangatlah penting, apapun hasilnya nanti itu merupakan pilihan dari masyarakat Papua sehingga ia sebagai Pj. Gubernur Papua mengajak kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama mengikuti tahapan Pilkada 2024 dengan penuh kegembiraan dan suka cita untuk membawa kemakmuran bagi tanah Papua.


“Saya melihat tidak ada potensi yang terjadi sampai saat ini sehingga saya sekali lagi mengajak semua masyarakat untuk menjaga bersama-sama mengamankan tanah Papua yang baik dan maju,” ungkapnya.


“Saya tekankan kepada seluruh TNI, Polri dan ASN untuk selalu netral, khususnya Bawaslu bisa melihat apabila ada dugaan pelanggaran silahkan dilaporkan sesuai mekanisme yang ada,” imbuhnya.