Jelang HUT TNI ke 79, Kodim 0714/Salatiga Gelar Lomba PBB SMA/SMK di Salatiga & Kab Semarang



SALATIGA - Dalam rangka memperingati HUT Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ke 79, Kodim 0714/Salatiga menggelar Lomba Peraturan Baris-Berbaris (PBB) tingkat SMA dan SMK se Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang, di halaman Makodim 0714/Salatiga Jalan Diponegoro No 35 Salatiga, Kamis(26/9/2024).


Dandim 0714/Salatiga Letkol Inf Guvta Alugoro Koedoes menyampaikan, bahwa Lomba PBB ini tidak hanya bertujuan untuk memeriahkan peringatan HUT TNI, namun juga sebagai sarana untuk menumbuhkan disiplin, semangat kebersamaan, dan jiwa kepemimpinan di kalangan generasi muda. Melalui kegiatan ini, para peserta dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air dan kedisiplinan yang tinggi, serta menjadikan semangat kebersamaan sebagai landasan kuat untuk berkontribusi positif bagi bangsa dan negara. 


"Lomba PBB ini diikuti siswa-siswi SMA dan SMK di wilayah Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang. Setiap tim menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam melaksanakan gerakan PBB dengan penuh kekompakan dan ketelitian. Dewan juri terdiri dari personel TNI yang memiliki keahlian khusus dalam bidang PBB, yang menilai berdasarkan kriteria seperti kerapian, kekompakan, ketepatan waktu, dan ketegasan dalam setiap gerakan," kata Dandim 0714/Salatiga Letkol Inf Guvta Alugoro Koedoes. 


Ditambahkan, kegiatan ini juga menjadi ajang silaturahmi dan kompetisi sehat di kalangan pelajar. Para peserta tidak hanya berjuang untuk menjadi juara, tetapi juga belajar tentang pentingnya kerja sama tim, kepemimpinan, serta menghargai perbedaan. Puncak Lomba PBB ini akan diakhiri dengan upacara penghargaan bagi tim-tim terbaik yang berhasil meraih gelar juara. 


Para pemenang lomba akan mendapatkan piala, piagam penghargaan, dan hadiah menarik. Hasil akhir lomba yakni Juara 1 - SMK Negeri 2 Kota Salatiga, Juara 2 - SMA Negeri 1 Bergas, Kabupaten Semarang dan Juara 3 - SMA Negeri 1 Ambarawa, Kabupaten Semarang.


"Melalui kegiatan tersebut, Kodim 0714/Salatiga berharap dapat semakin mempererat hubungan antara TNI dan masyarakat. Khususnya generasi muda serta terus menanamkan nilai-nilai kebangsaan dalam rangka menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI," tandasnya. (HERU SANT).