Jelang HUT-79 TNI. Prajurit Kodim 0819/Pasuruan Hadir dan Terjun Membantu Warga


 


Pasuruan Kota - Peduli lingkungan serta cegah abrasi pantai, Kodim 0819/Pasuruan melaksanakan pembersihan bibir pantai dan penanaman  bibit pohon mangrove yang dipimpin langsung Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Lettu Arh Nur Hidayat, mewakili Dandim 0819/Pasuruan, yang dilaksanakan di pesisir Pantai Kelurahan Tambaan, Kecamatan Panggungrejo - Kota Pasuruan. 


Dalam kesempatan tersebut, Dandim 0819/Pasuruan melalui Pasiter Kodim menyampaikan bahwa kegiatan karya bakti ini merupakan rangkaian dalam rangka memperingati HUT TNI ke 76. Untuk itu, Kodim 0819/Pasuruan mengajak seluruh stakeholder yang ada di Pasuruan untuk bekerjasama bahu membahu dalam melaksanakan kegiatan melestarikan lingkungan.


Dalam kegiatan tersebut, seluruh anggota yang terlibat menyisir sepanjang pantai, dengan melakukan pembersihan sampah seperti sampah plastik, dedaunan serta sampah lainnya yang berserakan di sepanjang bibir pantai. (Minggu, 29/09/2024).


"Semoga dengan kegiatan bersih pantai ini terjalin kerjasama yang baik terutama antara TNI khusunya Kodim 0819/Pasuruan dengan Masyarakat dan Pemerintah setempat," harap Dandim.


Dilokasi pelaksanaan Lettu Arh Nur Hidayat juga menjelaskan bahwa kegiatan ini juga merupakan bentuk wujud kepedulian TNI terhadap kelestarian lingkungan dan ekosistem yang berada di wilayah binaan. Di samping kegiatan pembersihan Pantai, juga diadakan penanaman pohon mangrove yang bertujuan untuk menjaga ekosistem perairan dan mencegah terjadinya abrasi laut.


"Kita laksanakan penanaman pohon mangrove ini dengan penuh semangat, saya juga mengingatkan serta mengajak kepada para pemuda dan seluruh warga yang tinggal ditepi pantai agar lebih peduli terhadap lingkungan yang ada di sekitar kita ini," ujar Pasiter.


Lettu Arh Nur Hidayat, selaku Pasiter Kodim 0819/Pasuruan mengapresiasi dan mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah hadir dalam kegiatan ini, semoga kedepannya masyarakat sadar akan pentingnya dalam menjaga kelestarian pesisir pantai dan kebersihan lingkungan.