Dir Binmas Polda Papua Hadiri Sosialisasi Pembinaan Pencegahan Pungli



Jayapura – Direktur Pembinaan Masyarakat (Binmas) Polda Papua, Kombes Pol Erick Kadir Sully, S.I.K menghadiri sosialisasi pembinaan pencegahan pungutan liar pada giat infrastruktur berbasis masyarakat (IBM) yang berlangsung di Aula Kantor Balai Prasarana, Selasa (24/09/2024).


Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Papua Dr. Corneles Sagrim, S.T., M.M.T. dan para peserta sosialisasi.


Dalam sambutanya, Kepala BPPW mengatakan bahwa kegiatan yang nantinya akan dilaksanakan adalah kegiatan yang berbasis kepada masyarakat langsung.


“Salah satu yang akan kita laksanakan yaitu terkait dengan petunjuk yang disampaikan langsung oleh bapak Wapres yaitu tentang pembangunan di sektor yayasan, pesantren, madrasah dan sekolah-sekolah,” ucapnya.


Sementara itu, Dir Binmas Polda Papua mengatakan ada beberapa tugas-tugas saber pungli Provinsi Papua  diantaranya adalah pemberantasan pungutan liar secara efektif dan efisien.


“Fungsi diantaranya Satgas Intelijen, Satgas pencegahan, Satgas penindasan dan Satgas Yustisi yang sasaranya adalah sentra pelayanan publik  dan kementerian,” ungkapnya.


Ia mengungkapkan penyebab adanya pungli diantaranya komitmen yang rendah, atasan tidak menerapkan pengendalian internal dan pengawasan melekat. 


“Saya selaku ketua Tim pencegahan  Saber pungli Provinsi Papua selalu mengingatkan kepada semua untuk Stop Pungli. Karna itu dapat merugikan keuangan negara dan dapat menyengsarakan rakyat,