Program "Jumat Kliwon", Sarana Perkuat Keimanan Untuk Santri WBP Rutan Salatiga




SALATIGA - Dalam rangka memperkuat keimanan dan memberikan bekal mental rohani, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Salatiga menggelar program 'Jumat Kliwon', di selasar dalam Rutan Salatiga, Jumat (12/7/2024). Acara yang melibatkan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) ini dibimbing langsung Ustadz Nahrawi dan dimulai membaca ayat suci Al Quran, Dzikir, Tahlil, mengirim doa kepada para leluhur serta ditutup dengan shalat Jumat.


Kepala Rutan Salatiga Redy Agian mengatakan, bahwa program "Jumat Kliwon" ini merupakan salah satu program khusus dalam upaya memperkuat keimanan santri WBP dan pembekalan mental rohani para WBP. Harapannya dapat menjadi sarana mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kegiatan diawali berdoa pada malam harinya di masing-masing kamar hunian. Lalu, pagi harinya membaca Al Quran bersama dilanjutkan dengan Dzikir, Tahlil dan Yasinan.


"Kami sangat berharap dengan bekal pembinaan rohani ini, selain sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah SWT, diharapkan juga para santri WBP dapat menyadari kesalahannya. Bahkan, menjadi sarana pertaubatan diri dan tidak akan mengulangi perbuatan pelanggaran hukum," pungkas Redy Agian didampingi Humas Rutan Salatiga Nuryadi. 


Sementara itu, Doli warga binaan yang terjerat perkara narkotika mengaku sangat terharu dengan program 'Jumat Kliwon' ini. Hal ini akan menjadikan warga binaan lebih bisa mendekatkan diri pada Allah SWT. Selain itu, akan sadar dengan kesalahan masa lalu dan dapat mendoakan orang tua dan keluarga yang telah tiada.


“Dengan mengikuti program ini, para WBP akan lebih mendekatkan diri pada Allah SWT. Selain itu, menjadi sarana penyesalahan akan dosa masa lalu dan tentunya kami bisa mendoakan orang tua maupun keluarga yang sudah tidak ada serta berjanji menjadi pribadi yang baik dan berakhlakul karimah,” ujar Doli. (HERU SANT).