Polres Grobogan Gelar Latpraops Patuh Candi 2024



Polres Grobogan –  Mulai tanggal 15 hingga 28 Juli 2024, Polres Grobogan bakal mengelar Operasi Patuh Candi 2024.


Kegiatan ini mengusung tema “Kita Tingkatkan Profesionalisme dan Kemampuan Anggota Dalam Menciptakan Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran Arus Lalu Lintas Pasca Pelaksanaan Hari Bhayangkara Tahun 2024 di Wilayah Hukum Polres Grobogan”.


Hal itu disampaikan Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan saat memimpin Pelatihan Pra Operasi (Latpraops) Patuh Candi 2024 di aula jananuraga Mapolres Grobogan pada Jum’at (12/7/2024).


Latpraops itu sendiri, merupakan salah satu pembekalan dalam rangka kesiapan sebelum pelaksanaan operasi kepolisian yang digelar secara serentak di 34 Polres jajaran Polda Jateng.


AKBP Dedy Anung Kurniawan mengatakan, operasi Patuh Candi 2024 ini merupakan operasi yang bersifat mandiri kewilayahan.


“Operasi ini akan mengedepankan upaya preemtif dan preventif secara humanis melalui edukasi dan himbauan kepada masyarakat,” kata Kapolres Grobogan.


Adapun sasaran dalam kegiatan operasi tersebut yakni berbagai pelanggaran yang berpotensi menimbulkan fatalitas korban akibat kecelakaan lalu lintas.


“Seperti menggunakan ponsel atau berada di bawah pengaruh miras saat berkendara, pengemudi tanpa helm atau sabuk pengaman, melawan arus dan balap liar,” imbuh AKBP Dedy Anung Kurniawan.


Dalam acara yang dihadiri seluruh personel yang terlibat pelaksanaan operasi itu, Kapolres Grobogan berpesan agar kegiatan operasi ini tidak dianggap seperti kegiatan yang rutin, tetapi disertai inovasi dan kreativitas dalam upaya menanamkan kesadaran berlalu lintas di masyarakat sehingga mampu menurunkan angka pelanggaran, kecelakaan, dan korban fatalitas akibat laka lantas.


“Dalam Operasi Patuh Candi 2024, seluruh personel yang terlibat harus memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat,” ujar Kapolres Grobogan.


“Gunakan pendekatan humanis, ini merupakan bagian dari keberhasilan operasi ini. Hindari sikap arogan dan tunjukkan bahwa Polri adalah pelindung, pelayan, dan pengayom masyarakat,” tandas AKBP Dedy Anung Kurniawan.


Khnza