Komitmen Nyata Sinergitas TNI-Polri, Polda Papua Gelar Operasi Patuh Cartenz



Jayapura – Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, S.I.K., M.H., memimpin Pelaksanaan Pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Cartenz Tahun 2024, yang berlangsung di Apel Mapolda Papua Lama, Jl. Dr. Sam Ratulangi No.8, Bayangkara, Kec. Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua, Senin (15/07).


Adapun Kasdam XVII Cenderawasih Brigjen TNI Haryanto, S.I.P., M.Tr.(Han)., Para PJU Polda Papua, serta Para Pamen, Pama, Bintara, ASN Polri Polda Papua yang turut hadir dalam Pelaksanaan Apel Gelar Pasukan ini.


Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, S.I.K., M.H., dalam amanatnya menyampaikan bahwa Operasi patuh ini sendiri dilaksanakan secara terpusat di 38 Polda Jajaran selama 14 hari, terhitung mulai tanggal 15 s.d. 28 juli 2024, dengan melibatkan sebanyak 423 Personel Polda Papua dan Jajaran.


“Operasi patuh ini lebih menekankan kepada peningkatan kesadaran dan kepatuhan masyarakat, namun dalam kegiatannya dilaksanakan secara preemtif dan preventif dengan mengedepankan kegiatan edukatif, persuasif, simpatik dan humanis,”ucapnya.


Lebih lanjut Kapolda Papua menekankan untuk yang terkhusus dalam penegakkan hukum, agar kedepannya bisa dilaksanakan dengan profesional, tidak ada negosiasi, tidak ada transaksional dan jangan menyakiti hati masyarakat.


"Indeks kepercayaan masyarakat terhadap Polri meningkat sebesar 73,1 %. tentunya angka ini merupakan keberhasilan yang melibatkan rekan-rekan semua, dan sudah seharusnya angka ini harus sama-sama kita pertahankan bahkan kita tingkatkan,”tambah Kapolda Papua.


Dan diakhir amanatnya, Kapolda Papua menyampaikan untuk mengantisipasi dan menekan laju peningkatan jumlah kecelakaan lalu lintas, maka pelaksanaan operasi patuh cartenz 2024 diharapkan dapat menurunkan angka pelanggaran, kecelakaan lalulintas, angka fatalitas korban laka serta meningkatkan kedispilinan dalam berlalu lintas.


"Kedepannya diharapkan dapat bersinergi dalam mengatasi kerumitan permasalahan lalu lintas, sehingga apa yang menjadi tujuan dari operasi ini, dapat terwujud dan terutama dapat dirasakan oleh masyarakat,”pungkasnya.


Kegiatan ini merupakan upaya Polri dalam meningkatkan disiplin dan kepatuhan masyarakat terhadap peraturan lalu lintas, serta menciptakan kondisi keamanan dan ketertiban yang kondusif di wilayah Papua


Jayapura, 15 Juli 2024


Dikeluarkan oleh: Subbid Penmas Bid Humas Polda Papua, Alamat Jln. Dr. Sam Ratulangi No. 8 Jayapura, Papua Telp: 0967-52021. Kontak Person: Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, S.H., S.I.K., M.Kom. HP 08123000348.