Catatan Pendakian ke Gunung Semeru, Jawa Timur

 Indonesia memiliki terlalu banyak tempat ‘mewah’ dengan nuansa alam yang terlalu sayang jika tidak dieksplorasi dan dinikmati. Gunung Semeru beserta keindahannya hanyalah segelintir dari contoh nyatanya.
Gunung Semeru sendiri sangat populer bagi kalangan pendaki dan pecinta alam secara khusus, bahkan membuat mereka yang belum pernah menaklukkannya sangat ingin untuk mencapai puncaknya.Menaklukkan Gunung Semeru bisa dikatakan merupakan impian setiap pendaki dan pecinta alam di Indonesia.
But in every walk with Nature one receives far more than he seeks.
John Muir

Kepopuleran Gunung Semeru tak lepas dari keindahan alam yang ditawarkannya. Gunung tertinggi di Pulau Jawa, tertinggi ketiga sebagai gunung berapi di Indonesia ini, memiliki Puncak Mahameru sebagai puncak tertingginya dengan ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl).
GUNUNG SEMERU.

Gunung Semeru termasuk dalam peta wilayah Kabupaten Malang dan Lumajang, Jawa Timur.Dan yang mungkin paling dikenal mengenai Gunung Semeru sendiri adalah, paling tidak menurutku, salah satu dari sekian banyak gunung di Indonesia yang paling susah ditaklukkan. 
  Puncak Mahameru, Gunung Semeru, Jawa Timur memiliki ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut, menjadikannya sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa. Gunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia setelah Gunung Kerinci dan Gunung Rinjani, serta gunung dengan puncak tertinggi keempat di Indonesia setelah Kartenz, Kerinci, dan Rinjani.
Pendakian akan selalu terkenang jika diceritakan dan dituliskan. Dari banyak pengalaman yang telah aku dapatkan selama traveling ke banyak tempat, pendakian ke Gunung Semeru memiliki cerita sendiri yang menurutku akan sangat susah dilupakan. Mari berpetualang ke tempat yg belum pernah kita tuju