Peninggalan dan Sejarah Kota Pasuruan

Gedung Sociëteit di Pasuruan pada masa Hindia Belanda (foto oleh Hendrik Veen, 1900-1940)


Ini adalah tulisan sejarah kota yang paling kita banggakan dan kita cintai yaitu Kota Pasuruan, kota Pasuruan sendiri adalah sebuah Kota di Provinsi Jawa Timur, Indonesia Kota ini terletak 60 km sebelah tenggara Surabaya, ibu kota provinsi Jawa Timur dan 355 km sebelah barat laut Denpasar, Bali .

Seluruh wilayah Kota Pasuruan berbatasan dengan Kabupaten Pasuruan. Kota Pasuruan berada di jalur utama pantai utara yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Bali yang menjadikannya sebagai kota dengan prospek ekonomi yang besar di kawasan Indonesia bagian timur.

Letak peta kota pasuruan.


Pasuruan yang dahulu disebut Gembong merupakan daerah yang cukup lama dikuasai oleh raja-raja Jawa Timur yang beragama Hindu

Semboyan: Sura Dira Satya Pati

Pasuruan adalah sebuah kota pelabuhan kuno. Pada zaman Kerajaan Airlangga, Pasuruan sudah dikenal dengan sebutan "Paravan" . Pada masa lalu, daerah ini merupakan pelabuhan yang sangat ramai, yang dulu dikenal sebagai "Tanjung Tembikar". Letak geografisnya yang strategis menjadikan Pasuruan sebagai pelabuhan transit dan pasar perdagangan antar pulau serta antar negara.

Berikut adala foto kota pasuruan pada zaman belanda


Balai kota Pasuruan pada tahun 1934

Hotel Morbeck di Pasuruan (foto oleh H. Salzwedel, 1870-1891)
Sekian ulasan tentang kota pasuruan jaman mbien
Semoga dapat menjadi wawasan kita untuk mengetahui kota tercinta ini